Bimtek Rumah Sakit & Puskesmas

Bimtek Manajemen Puskesmas Dalam ILP – Integrasi Layanan Primer

Bimtek Manajemen Puskesmas Dalam ILP - Integrasi Layanan Primer

Bimtek Manajemen Puskesmas Dalam ILP – Integrasi Layanan Primer

Bimtek Manajemen Puskesmas Dalam ILP – Integrasi Layanan Primer. Puskesmas Merupakan salah satu pilar utama dalam sistem kesehatan di Indonesia. Untuk memastikan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat, penting bagi petugas dan manajer Puskesmas untuk terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan manajerial mereka. Manajemen Puskesmas yang efektif menjadi kunci utama dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat. Bimtek Manajemen Puskesmas dirancang untuk memastikan bahwa setiap elemen operasional Puskesmas berjalan optimal. Hal ini mencakup perencanaan strategis, pengelolaan sumber daya, hingga evaluasi kinerja secara berkelanjutan.

Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama (UKP). Puskesmas mengutamakan upaya promotif dan preventif dalam pelayanan kepada masyarakat di wilayah kerjanya,. Sebagai penanggungjawab penyelenggara upaya kesehatan tingkat pertama. Puskesmas bertugas melaksanakan kebijakan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, menyebutkan salah satu prinsip penyelenggaraan Puskesmas adalah keterpaduan dan kesinambungan. Berdasarkan prinsip keterpaduan dan kesinambungan tersebut, puskesmas melakukan integrasi dan koordinasi dalam penyelenggaraan UKM, UKP, lintas program, lintas sektor dan Sistem Rujukan dengan pendekatan keluarga atau pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Materi Bimtek Manajemen Puskesmas Dalam ILP – Integrasi Layanan Primer

  1. Perencanaan (P1): keterpaduan LP dan LS untuk semua siklus hidup. Target kinerja disusun masing -masing klaster Puskesmas
  2. Penggerakan pelaksanaan (P2): Lokmin membahas pelaksanaan kegiatan dan hasil PWS untuk dirumuskan tindak lanjutnya.
  3. Pengawasan, pengendalian dan penilaian (P3) dilakukan terhadap
    aspek administratif dan kinerj
  4. Kebijakan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer
  5. Regulasi kelembagaan di Desa, peran Masyarakat dan Penggunaan Dana Desa dalam mendukung pelaksanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer
  6. Klaster Manajemen
    Klaster Ibu dan Anak
    Klaster Usia Dewasa dan Lanjut Usia
    Klaster Penanggulangan Penyakit Menular
    Pelayanan Lintas Klaster
    Integrasi Pelayanan Kesehatan dengan Fasilitasi Kesehatan Tingkat Pertama Lain
  7. Studi Banding

Manfaat Bimtek Manajemen Puskesmas dalam ILP

  • Peningkatan Kompetensi Staf
    Bimtek dan Diklat membantu staf Puskesmas memahami tanggung jawab mereka lebih baik. Dengan pelatihan rutin, staf dapat meningkatkan keahlian dalam menangani kasus-kasus kesehatan masyarakat yang kompleks.
  • Pengelolaan Keuangan yang Transparan
    Salah satu fokus pelatihan adalah manajemen keuangan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, Puskesmas dapat memastikan anggaran digunakan secara efektif untuk kebutuhan prioritas.
  • Implementasi Sistem Pelayanan Berbasis Teknologi
    Diklat juga membahas penerapan teknologi dalam operasional sehari-hari, seperti penggunaan aplikasi e-kesehatan untuk mencatat data pasien atau laporan epidemiologi.
Bimtek Manajemen Puskesmas Dalam ILP - Integrasi Layanan Primer

Bimtek Manajemen Puskesmas Dalam ILP – Integrasi Layanan Primer

Sehubung Dengan Penjelasan Di Atas, Dalam Rangka Memahami Serta Meningkatkan Kapasitas Dan Kapabilitas Pemerintah Pusat, Daerah Dan Swasta. Maka Kami Dari PLATINDO Pusat Pelatihan Mengajak Bapak/Ibu/Saudara(i) Untuk Mengikuti Bimbingan Teknis Dengan Tema: Bimtek Manajemen Puskesmas Dalam ILP – Integrasi Layanan Primer

Metode Bimtek

Pemaparan Materi, diskusi, tanya jawab, studi kasus dan simulasi langsung dengan konsep:

  • 20% Teori berdasarkan literatur praktisi
  • 40% analisa best practices & benchmarking antara: Institusi, korporasi & Industri
  • 40% Studi kasus nyata & brainstorming antara Narasumber / Trainer dengan peserta kegiatan

Pilihan Kelas Pelaksanaan:

  1. Kelas Tatap Muka Di Hotel
  2. Online Zoom Meeting
  3. In House Training

Biaya Bimtek

  • Online Zoom Meeting : Rp. 3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah)
  • Non Akomodasi Penginapan : @Rp. 4.000.000,- (Empat Juta Rupiah)
  • Fasilitas Dengan Penginapan 4 Hari 3 Malam dengan Kamar Twin Sharing (1 Kamar Untuk 2 Orang Peserta) : Rp. 4.750.000,- (Empat Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
  • Fasilitas Dengan Penginapan 4 Hari 3 Malam dengan Kamar Suite Room (1 Kamar Untuk 1 Orang Peserta) : Rp. 5.750.000,- (Lima Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

Fasilitas Bimtek

  • Bahan Ajar Modul ( Softcopy Dan Hardcopy)
  • Seminar Kit
  • Kuitansi Pembayaran Perpeserta
  • Sertifikat
  • Tas Kegiatan
  • Konsumsi Dan Coffe Break Selama Kegiatan
  • Kartu Tanda Peserta
  • Penjemputan Di Bandara / Stasiun Bagi Peserta Rombongan Minimal 8 Orang Peserta

Tata Cara Pendaftaran:

  • Surat Undangan Kegiatan Beserta Jadwal Kegiatan Akan Dikirimkan Setelah Melakukan Konfirmasi Melalui Panitia Arie Hp/Wa: 085242961361
  • Surat Undangan Kegiatan Akan Dikirimkan Via E-Mail Dan/Atau Whatsapp
  • Bagi Peserta Minimal 5 Orang Dapat Menentukan Waktu, Tempat Dan Materi Kegiatan Sesuai Kebutuhan Peserta
  • Pendaftaran Paling Lambat 3 Hari Sebelum Pelaksanaan Kegiatan
  • Tema, Materi Serta Rundown Kegiatan Dapat Menyesuaikan Keinginan Peserta

Kontak Person




author-avatar

Tentang Platindo Pusat Pelatihan

Platindo adalah Pusat pelatihan yang yang bergerak dibidang riset, pengkajian bimbingan teknis, diklat, workshop, sertifikasi, pelatihan dan pendidikan non formal. Platindo didirikan sebagai pengembangan sumber daya manusia (SDM) terutama dibidang pendidikan. Baik bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta & mahasiswa.

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan