Bimtek Etika Komunikasi Pada Pelayanan Birokrasi Pemerintahan Daerah
Bimtek Etika Komunikasi Pada Pelayanan Birokrasi Pemerintahan Daerah. Salah satu kunci sukses dari keberhasilan dalam pelayanan publik adalah dengan berinteraksi melalui komunikasi dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Pemahaman tentang teknik dan etika berkomunikasi menjadi suatu syarat agar pelayanan efektif dapat tercipta.
Dengan maju pesatnya teknologi informasi, maka komunikasi melalui media email dan internet tidak dapat dihindarkan lagi. Disinilah perlunya pemahaman tentang etika berkomunikasi melalui media email. Kesalahpahaman dapat dihindari apabila semua pihak dapat mengetahui batasan dalam komunikasi dan memahami etika dan saling menghargai satu dengan yang lain. Training ini akan membahas teknik dan etika dalam berkomunikasi baik didalam internal organisasi maupun dengan pihak eksternal.
Secara umum Etika komunikasi dalam pelayanan birokrasi pemerintahan merupakan salah satu yang perlu diperhatikan demi tercpainya tujuan di berbagai progam kerjanya di dalam melayani masyarakat. Tujuan dari pelayanan publik adalah memberikan pelayanan dan kepuasan kepada masyarakat atau para warga.
Agar tejadi pelayanan yang berkualitas maka harus memahami bagaimana cara beretika dalam komunikasi yang baik antar personal maupun kepada masyarakat. Ditambah lagi berkembangnya teknologi komunikasi juga dilakukan dalam media elektronik sehinga harus diperhatikan dan adanya pemahaman melalui media elektronik.
Terdapat beberapa indikator yang harus diperhatikan yaitu diantaranya Reliability dimana memberikan pelayanan yang tepat dan benar, Responsiveness keinginan melayani konsumen dengan cepat dan Assurance tingkat perhatian dan moral dalam memberikan pelayanan. Training ini akan membahas teknik dan etika dalam berkomunikasi baik di dalam internal organisasi maupun dengan pihak eksternal seperti pemerintah dan pejabat
Materi Bimtek Etika Komunikasi Pada Pelayanan Birokrasi Pemerintahan Daerah
1. Pendahuluan Etika Komunikasi
- Ruang Lingkup
- Deskripsi Etika Komunikasi
2. Fungsi Beretika dalam Berkomunikasi
3. Arus Komunikasi
4. Konsep Pelayanan Prima birokrasi
- Konsep Pelayanan Prima Birokrasi
- Manfaat Pelayanan Prima
- Karakter Pelayanan Publik dan pemerintahan
5. Teknik Komunikasi
- Komunikasi Empati
- Komunikasi Assertif
- Teknik Menghadapi Pelanggan Complaint
- Teknik Menjaga Emosi
- Media komunikasi
- Komunikasi birokrasi pejabat dan pemerintahan
6. Etika dan Sikap dalam Pelayanan birokrasi
- Etiket dalam pelayanan public
- Sikap dalam pelayanan publik
- Etika komunikasi berhubungan dengan teknologi informasi
- Studi Kasus
Sehubung Dengan Penjelasan Di Atas, Dalam Rangka Memahami Serta Meningkatkan Kapasitas Dan Kapabilitas Pemerintah Pusat, Daerah Dan Swasta. Maka Kami Dari PLATINDO Pusat Pelatihan Mengajak Bapak/Ibu/Saudara(i) Untuk Mengikuti Bimbingan Teknis Dengan Tema: Bimtek Etika Komunikasi Pada Pelayanan Birokrasi Pemerintahan Daerah
Metode Bimtek
Pemaparan Materi, diskusi, tanya jawab, studi kasus dan simulasi langsung dengan konsep:
- 20% Teori berdasarkan literatur praktisi
- 40% analisa best practices & benchmarking antara: Institusi, korporasi & Industri
- 40% Studi kasus nyata & brainstorming antara Narasumber / Trainer dengan peserta kegiatan
Pilihan Kelas Pelaksanaan:
- Kelas Tatap Muka Di Hotel
- Online Zoom Meeting
- In House Training
Biaya Bimtek
- Online Zoom Meeting : Rp. 3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah)
- Non Akomodasi Penginapan : @Rp. 3.750.000,- (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
- Fasilitas Dengan Penginapan 4 Hari 3 Malam dengan Kamar Twin Sharing (1 Kamar Untuk 2 Orang Peserta) : Rp. 4.750.000,- (Empat Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
- Fasilitas Dengan Penginapan 4 Hari 3 Malam dengan Kamar Suite Room (1 Kamar Untuk 1 Orang Peserta) : Rp. 5.750.000,- (Lima Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
Fasiitas Bimtek
- Bahan Ajar Modul ( Softcopy Dan Hardcopy)
- Seminar Kit
- Kuitansi Pembayaran Perpeserta
- Sertifikat
- Tas Kegiatan
- Konsumsi Dan Coffe Break Selama Kegiatan
- Kartu Tanda Peserta
- Penjemputan Di Bandara / Stasiun Bagi Peserta Rombongan Minimal 8 Orang Peserta
Tata Cara Pendaftaran:
- Surat Undangan Kegiatan Beserta Jadwal Kegiatan Akan Dikirimkan Setelah Melakukan Konfirmasi Melalui Panitia Arie Hp/Wa: 085242961361
- Surat Undangan Kegiatan Akan Dikirimkan Via E-Mail Dan/Atau Whatsapp
- Bagi Peserta Minimal 5 Orang Dapat Menentukan Waktu, Tempat Dan Materi Kegiatan Sesuai Kebutuhan Peserta
- Pendaftaran Paling Lambat 3 Hari Sebelum Pelaksanaan Kegiatan
- Tema, Materi Serta Rundown Kegiatan Dapat Menyesuaikan Keinginan Peserta
Kontak Person
- Arie – Hp/Wa: 085242961361
- website : platindopusatpelatihan.co.id