Bimtek Manajemen Rumah Tangga dan Kesekretariatan Pemerintah Daerah
Bimtek Manajemen Rumah Tangga dan Kesekretariatan Pemerintah Daerah. Manajemen Rumah Tangga dan kesekretariatan Pemerintah daerah memegang peran yang penting dalam menjalankan roda pemerintahan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan adalah manajemen rumah tangga pemerintah daerah dan protokol perjamuan.
Kedua hal ini menyangkut tata kelola internal dan eksternal pemerintah daerah yang harus dijalankan dengan baik demi menjaga citra dan efektivitas pelayanan. Untuk meningkatkan kualitas manajemen rumah tangga pemerintah daerah serta pemahaman akan protokol perjamuan, pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) dan diklat menjadi langkah penting yang harus dilakukan secara berkala.
Salah satu problem yang selalu dialami oleh masing-masing dinas di kepemerintahan daerah adalah bagaimana mengelola rumah tangga dan kesekretariatan secara efektif dan efisien untuk terciptanya pelayanan publik yang baik dan benar. Sebagai akibat dari masalah ini adalah minimnya pelaksanaan efektifitas kinerja dikalangan pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
Padahal, masalah ini berkaitan erat dengan aspek tehnis pengelolaan kerja kerumah-tanggan dan kesekretariatan yang menjadi tugas utama bagi masing-masing pegawai yang telah diberikan tanggungjawab pelaksanaan tugas. Namun, kurangnya keteraturan ritme pengelolaan rumah tangga dan kesekretariatan kian memperparah kondisi kedinasan yang berdampak buruk terhadap kinerja.
Tentunya, hal demikian menjadi tanggungjawab bersama dikalangan pegawai terutama bagi jajaran pembuat kebijakan (decision maker) yang bertanggungjawab besar dalam mengatur suasana pengelolaan rumah tangga dan kesekretariatan. Besarnya tanggungjawab tersebut tidak terlepas sistem kewenangan kinerja yang bersifat delegatif dan instruktif.
Sehingga, sebuah kelemahan atau bahkan kekeliruan yang terjadi dalam pengelolaan kedinasan seperti pemberian sanksi, maupun teguran akan dilimpahkan kepada jajaran pembuat kebijakan tersebut. Untuk menghindari efek-efek negatif seperti itu, diperlukan sebuah rumusan konseptual yang lebih strategis dan efektif dalam melakukan manajemen pengelolan secara efektif dan efisiensi.
Supaya berbagai aspek pegelolaan rumah tangga dan kesekretariatan bisa berjalan sesuai dengan aturan dan kesepakatan bersama. Sekaligus hal demikian akan mempengaruhi model kebijakan dan kinerja yang dilaksanakan oleh masing-masing stake holder.
Materi Bimtek Manajemen Rumah Tangga dan Kesekretariatan Pemerintah Daerah
- Konsep dasar pengelolaan Rumah Tangga Pemda yang efektif dan terukur guna tercapainya mutu pelayanan yang efektif
- Penyusunan rencana program dan kegiatan Rumah Tangga Pemda guna menunjang pelayanan Kesekretariatan serta pelaksanaannya sesuai SOP
- Manajemen pengelolaan sarana-prasarana dilingkungan Sekretariat Daerah guna menjamin ketersediaan fasilitas Sekretariat Daerah yang siap pakai sebagai penunjang pelayanan publik
- Aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan urusan Rumah Tangga sesuai dengan Tugas dan Fungsi Rumah Tangga dilingkungan pemerintah daerah
- Tehnik Praktis Pengelolaan dan Pengendalian urusan Rumah Tangga dan Kesekretariatan Daerah
- Pengorganisasian SDM bidang Rumah Tangga serta menentukan sistem kerja yang efektif sesuai Tupoksi guna tercapainya mutu pelayanan publik
- Membangun komunikasi yang persuasif dan dialogis antar pengelola rumah tangga dan SKPD dilingkungan Pemerintah daerah
Sehubung Dengan Penjelasan Di Atas, Dalam Rangka Memahami Serta Meningkatkan Kapasitas Dan Kapabilitas Pemerintah Pusat, Daerah Dan Swasta. Maka Kami Dari PLATINDO Pusat Pelatihan Mengajak Bapak/Ibu/Saudara(i) Untuk Mengikuti Bimbingan Teknis Dengan Tema: Bimtek Manajemen Rumah Tangga dan Kesekretariatan Pemerintah Daerah
Metode Bimtek
Pemaparan Materi, diskusi, tanya jawab, studi kasus dan simulasi langsung dengan konsep:
- 20% Teori berdasarkan literatur praktisi
- 40% analisa best practices & benchmarking antara: Institusi, korporasi & Industri
- 40% Studi kasus nyata & brainstorming antara Narasumber / Trainer dengan peserta kegiatan
Pilihan Kelas Pelaksanaan:
- Kelas Tatap Muka Di Hotel
- Online Zoom Meeting
- In House Training
Biaya Bimtek
- Online Zoom Meeting : Rp. 3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah)
- Non Akomodasi Penginapan : @Rp. 3.750.000,- (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
- Fasilitas Dengan Penginapan 4 Hari 3 Malam dengan Kamar Twin Sharing (1 Kamar Untuk 2 Orang Peserta) : Rp. 4.750.000,- (Empat Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
- Fasilitas Dengan Penginapan 4 Hari 3 Malam dengan Kamar Suite Room (1 Kamar Untuk 1 Orang Peserta) : Rp. 5.750.000,- (Lima Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
Fasiitas Bimtek
- Bahan Ajar Modul ( Softcopy Dan Hardcopy)
- Seminar Kit
- Kuitansi Pembayaran Perpeserta
- Sertifikat
- Tas Kegiatan
- Konsumsi Dan Coffe Break Selama Kegiatan
- Kartu Tanda Peserta
- Penjemputan Di Bandara / Stasiun Bagi Peserta Rombongan Minimal 8 Orang Peserta
Tata Cara Pendaftaran:
- Surat Undangan Kegiatan Beserta Jadwal Kegiatan Akan Dikirimkan Setelah Melakukan Konfirmasi Melalui Panitia Arie Hp/Wa: 085242961361
- Surat Undangan Kegiatan Akan Dikirimkan Via E-Mail Dan/Atau Whatsapp
- Bagi Peserta Minimal 5 Orang Dapat Menentukan Waktu, Tempat Dan Materi Kegiatan Sesuai Kebutuhan Peserta
- Pendaftaran Paling Lambat 3 Hari Sebelum Pelaksanaan Kegiatan
- Tema, Materi Serta Rundown Kegiatan Dapat Menyesuaikan Keinginan Peserta
Kontak Person
- Arie – Hp/Wa: 085242961361
- website : platindopusatpelatihan.co.id