Bimtek Rumah Sakit & Puskesmas

Bimtek Manajemen Bangsal Keperawatan

Bimtek Manajemen Bangsal Keperawatan

Bimtek Manajemen Bangsal Keperawatan

Bimtek Manajemen Bangsal Keperawatan. Dalam sebuah rumah sakit salah satu komponen penting yang terkait dengan pelayanan kepala pasien adalah manajemen bangsal. Bagi pasien rawat inap, fasilitas dan juga sistem pelayanan manajemen pengelolaan bangsal yang baik merupakan harapan utama.

Semenjak terbitnya Undang Undang No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional antusias masyarakat terhadap jaminan kesehatan meningkat pesat, dimana masyarakat berbondong bondong mendaftarkan diri untuk menjadi anggota bpjs kesehatan.

Di lain sisi para penyelenggara pelayanan kesehatan yang paling banyak adalah terkait fasilitas rawat inap (bangsal) yang sangat terbatas tidak sebanding dengan banyaknya pasien yang ada. Performance manajemen bangsal, tidak lepas dari peran seorang kepala rawat dan juga timnya, di mana kepala ruang rawat merupakan jabatan yang cukup penting dan juga strategis karena secara manajerial kemampuan kepala ruang rawat menentukan keberhasilan pelayanan keperawtan.

Sebagai seorang front line manajer, kepala ruang rawat di tuntut untuk memiliki kemampuan dalam merencanakan, mengorganisir, melakukan pengarahan, mengendalikan dan juga mengevaluasi pelayanan sehingga pengelolaan ruang rawat menjadi efektif dan juga efisien. Begitu juga para tim manajemen bangsal mereka haruas siap dan juga terlatih dalam mengelola bangsal yang baik dan bisa memberikan pelayanan bangsal yang baik kepada pasien.

Kualitas  pelayanan  kesehatan  di  Rumah  Sakit sangat  dipengaruhi  oleh  kualitas  sarana  fisik, jenis   tenaga   yang   tersedia,   obat   dan   alat kesehatan,  serta  proses  pemberian  pelayanan. Oleh  karena  itu  peningkatan  kualitas  faktor-faktor tersebut termasuk sumber daya  manusia dan profesionalisme harus  terus  diupayakan agar  pelayanan  kesehatan  yang  bermutu  dan pemerataan pelayanan kesehatan dapat dinikmati   oleh   seluruh   lapisan   masyarakat (Triwibowo, 2013).

Pasuraman  (2001)  dalam  Nursalam (2016)  mengemukakan bahwa  inti  dari  konsep kualitas  layanan  adalah  menunjukkan  segala bentuk   aktualisasi   kegiatan   pelayanan   yang memuaskan    orang-orang    yang     menerima pelayanan    sesuai     dengan     daya     tanggap (responsiveness), menumbuhkan adanya jaminan (assurance),  menunjukkan  bukti  fisik (tangible) yang   dapat   dilihatnya,   menurut empati (empathy) dari    orang-orang    yang memberikan   pelayanan   sesuai   keandalannya (reliability) menjalankan tugas pelayanan yang diberikan  secara  konsekuen  untuk  memuaskan yang menerima.

Materi Bimtek Manajemen Bangsal Keperawatan

  1. Motivasi Dan Prinsip Service Excellence Pelayanan Keperawatan
  2. Pengantar Dan Manajemen Bangsal Keperawatan
  3. Pengantar Manajemen Dan Kepimpinan Dalam Pelayanan Keeperawatan
  4. Mendesain Merencanakan Dan Implementasi Perencanan Pelayanan Keperwatan
  5. Organisasi Dan Juga Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pelayanan Keperawatan
  6. Pengarahan, Pengendalian Dan Juga Pengawasan Dalam Pelayanan Keperawatan
  7. Empat Pilar Keperawtan Profesional
  8. Manajemen Asuhan Keperawatan
  9. Komunikasi Efektif Dalam Pelayanan Dan Juga Pelayanan Keperawatan
  10. Membanguan Sisitem Dokumentasi Dan Juga Aplikasi Asuhan Keperawatan Sebagai Penunjang Akreditasi Rumah Sakit
Bimtek Manajemen Bangsal Keperawatan

Bimtek Manajemen Bangsal Keperawatan

Sehubung Dengan Penjelasan Di Atas, Dalam Rangka Memahami Serta Meningkatkan Kapasitas Dan Kapabilitas Pemerintah Pusat, Daerah Dan Swasta. Maka Kami Dari PLATINDO Pusat Pelatihan Mengajak Bapak/Ibu/Saudara(i) Untuk Mengikuti Bimbingan Teknis Dengan Tema: Bimtek Manajemen Bangsal Keperawatan

Metode Bimtek

Pemaparan Materi, diskusi, tanya jawab, studi kasus dan simulasi langsung dengan konsep:

  • 20% Teori berdasarkan literatur praktisi
  • 40% analisa best practices & benchmarking antara: Institusi, korporasi & Industri
  • 40% Studi kasus nyata & brainstorming antara Narasumber / Trainer dengan peserta kegiatan

Pilihan Kelas Pelaksanaan:

  1. Kelas Tatap Muka Di Hotel
  2. Online Zoom Meeting
  3. In House Training

Biaya Bimtek

  • Online Zoom Meeting : Rp. 3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah)
  • Non Akomodasi Penginapan : @Rp. 3.750.000,- (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
  • Fasilitas Dengan Penginapan 4 Hari 3 Malam dengan Kamar Twin Sharing (1 Kamar Untuk 2 Orang Peserta) : Rp. 4.750.000,- (Empat Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
  • Fasilitas Dengan Penginapan 4 Hari 3 Malam dengan Kamar Suite Room (1 Kamar Untuk 1 Orang Peserta) : Rp. 5.750.000,- (Lima Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

Fasiitas Bimtek

  • Bahan Ajar Modul ( Softcopy Dan Hardcopy)
  • Seminar Kit
  • Kuitansi Pembayaran Perpeserta
  • Sertifikat
  • Tas Kegiatan
  • Konsumsi Dan Coffe Break Selama Kegiatan
  • Kartu Tanda Peserta
  • Penjemputan Di Bandara / Stasiun Bagi Peserta Rombongan Minimal 8 Orang Peserta

Tata Cara Pendaftaran:

  • Surat Undangan Kegiatan Beserta Jadwal Kegiatan Akan Dikirimkan Setelah Melakukan Konfirmasi Melalui Panitia Arie Hp/Wa: 085242961361
  • Surat Undangan Kegiatan Akan Dikirimkan Via E-Mail Dan/Atau Whatsapp
  • Bagi Peserta Minimal 5 Orang Dapat Menentukan Waktu, Tempat Dan Materi Kegiatan Sesuai Kebutuhan Peserta
  • Pendaftaran Paling Lambat 3 Hari Sebelum Pelaksanaan Kegiatan
  • Tema, Materi Serta Rundown Kegiatan Dapat Menyesuaikan Keinginan Peserta

Kontak Person




author-avatar

Tentang Platindo Pusat Pelatihan

Platindo adalah Pusat pelatihan yang yang bergerak dibidang riset, pengkajian bimbingan teknis, diklat, workshop, sertifikasi, pelatihan dan pendidikan non formal. Platindo didirikan sebagai pengembangan sumber daya manusia (SDM) terutama dibidang pendidikan. Baik bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta & mahasiswa.

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan